Bimas Katolik Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur

Selamat Datang di Website Bimas Katolik Provinsi Jawa Timur
Malang-Batu-Pasuruan  Pembimas Menghadiri Workshop Penyusunan Perangkat Pembelajaran di Forum Guru Agama Katolik Malang Raya
Editor: midur Update: 15-04-2017

 

 Perangkat pembelajaran merupakan instrumen administrasi yang harus dibuat dan dimiliki oleh setiap guru. Dengan memiliki perangkat pembelajaran yang lengkap, diharapkan guru lebih dapat menjalankan tugasnya secara lebih profesional. Karena perangkat pembelajaran merupakan bentuk schedulle, persiapan, pengarsipan, dan pelaporan hasil pelaksanaan kinerja bagi guru.

Oleh sebab itu Forum Guru Agama Katolik Malang Raya menggagas dalam program kerja tahun 2017 dan menyelenggarakan Workshop Penyusunan Perangkat Pembelajaran Bagi Guru Agama Katolik Malang Raya. Acara yang diselenggarakan di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malang pada tanggal 6 sampai dengan 9 Januari 2017 merupakan bentuk kesungguhan para guru Agama Katolik Malang Raya untuk lebih meningkatkan kemampuannya dalam menjadi guru profesional.

Dalam pembukaannya, Bapak Imron selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malang menegaskan bahwa para guru Agama diharapakan menguasai kompetensi-kompetensi yang harus dimiliki oleh guru yang meliputi empat kompetensi, yakni: Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Kompetensi Kepribadian, dan Kompetensi Sosial. Selain itu, para guru juga diharapkan menguasai berbagai dasar hukum bagi para guru dalam menjalankan tugasnya.

Forum Guru Agama Katolik Malang Raya atau FGAK Malang Raya merupakan wadah bagi para guru agama Katolik di wilayah Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu mulai dari guru agama Katolik tingkat TK sampai dengan guru agama Katolik tingkat SMA/SMK, demikian dipaparkan oleh Bpk. I.J. Wartohadi selaku Penyelenggara Katolik Kantor Kemenag Kab. Malang dalam sambutannya. Di bawah FGAK Malang Raya terdapat kelompok-kelompok profesional Guru Agama Katolik antara lain: KKG PAK SD Malang Raya, KKG PAK SD Kota Malang, KKG PAK SD Kab. Malang, MGMP PAK SMP dan SMA/SMK Kota Malang, MGMP PAK SMP dan SMA/SMK Kab. Malang,

Dalam kesempatan tersebut, Bapak Robertus Angkowo, MM Pembimas Katolik Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur berkenan hadir untuk memberi materi pembinaan dan melantik pengurus FGAK Malang Raya periode 2017-2019.

Selama 4 hari berlangsung, para guru agama Katolik sangat antusias dan tekun dalam mengikuti dan menjalankan tugas-tugas yang diberikan dalam acara workshop tersebut. Workshop ini diharapkan menghasilkan perangkat pembelajaran yang dapat dipakai secara praktis oleh para guru agama Katolik di wilayah Malang Raya pada semester 2 tahun pelajaran 2016-2017. Hasil workshop yang berupa perangkat pembelajaran harus disesuaikan ulang dengan sekolah masing-masing.

Perlu dipikirkan untuk program berikutnya bahwa Guru Agama Katolik juga harus meningkatkan kegiatannya dengan membahas mengenai metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sebagainya supaya tidak terhenti pada seputar perangkat pembelajaran saja. Hal tersebut disampaikan dalam acara penutupan oleh Bapak Muhajir yang menjabat sebagai Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kemenag Kota Malang. (RM/bimaskatolikjatim.com)


 

 

  
  
Kabar Daerah
 
Cari Berita

Agenda Kegiatan

-----------------------------

Pertemuan Pembinaan Guru Agama Katolik Sekolah Dasar
28-4-2017

Tulisan Populer

Work Shop Penyusunan Silabus dan RPP Berkarakter PAK SD 
Read: 65.922

MATERI MINGGU GEMBIRA MASA BIASA 
Read: 49.254

ADAKAH KEHIDUPAN SETELAH KEMATIAN ? 
Read: 45.371

Makna Ibadah dalam perspektif agama katolik 
Read: 42.534

CERITA REFLEKSIF 
Read: 40.835

Arsip



Copyright (C) 2010-2017  
  Email: admin@bimaskatolikjatim.com
Jl. Raya Juanda II Surabaya

Tampilan terbaik gunakan mozilla firefox terbaru