Bimas Katolik Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur

Selamat Datang di Website Bimas Katolik Provinsi Jawa Timur
Malang-Batu-Pasuruan  Guru Agama Katolik Malang Raya Menyongsong Kurikulum 2013
Editor: midur Update: 01-11-2013

Rabu, 23 Oktober 2013 merupakan salah satu hari yang penting bagi para Guru Agama Katolik TK, SD, SMP, SMA/SMK se Malang Raya karena mereka menerima imbas sosialisasi kurikulum PAK 2013. Acara ini diselenggarakan oleh Forum Guru Agama Katolik Malang Raya yang anggotanya meliputi Guru Agama Katolik TK, SD, SMP, SMA/SMK yang berada di wilayah Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu, plus Kabupaten Pasuruan. Acara berjalan berkat kerja sama dengan Penyelenggara Katolik Kabupaten Malang ini diisi dengan penyegaran spiritualitas oleh Romo Deni Firmanto, PR dan penyampaian materi seputar Kurikulum PAK 2013 oleh Stepanus Sugiono,S.Ag selaku ketua MGMP GPAK Malang. Kebetulan Stepanus Sugiono termasuk salah satu utusan dari Malang yang mengikuti pembinaan yang diadakan oleh Dirjen Bimas Katolik di Yogyakarta beberapa waktu yang lalu.

Perubahan dan kemajuan teknologi informasi yang pesat pada akhir-akhir ini sangat mempengaruhi pola pikir, gaya hidup, dan cara orang berkomunikasi. Tak bisa dihindari, bahwa anak-anak didik juga memperoleh pengaruh yang signifikan terhadap kemajuan teknologi tersebut, terutama berpengaruh pada cara pikir anak-anak.
Dengan kemajuan teknologi ini, bahasa komunikasi yang berkembang adalah bahasa film, bahasa gambar, bahasa tulisan, dan teknik IT. Itulah paparan yang disampaikan oleh Romo Deni Firmanto, PR dalam awal penyampaian materi dalam pertemuan ini.

Lebih lanjut diungkapkan bahwa Gereja universal tidak tinggal diam saja dengan adanya perubahan dan kemajuan teknologi tersebut. Dalam Dekrit Intermerifica telah disinggung bahwa penggunaan media banyak hal yang positif untuk dimanfaatkan, tetapi dampak negatif juga harus diwaspadai. Dalam dokumen-dokumen lain seperti Communio et Progressio, Evangelii Nutiandi, dan lainnya juga telah diungkap hal ini.

Empat hal kegiatan social networking dijelaskan lebih lanjut oleh Romo Deni, yakni:

  1. Pengguna Facebook, yang tak disangkal lagi di Indonesia termasuk sangat besar.
  2. Sharing photo, ada jutaan photo yang diunggah di media-media sosial.
  3. Sharing video, membuat berbagai kejadian dapat dilihat oleh siapapun bahkan tanpa sensor.
  4. Bermain game online, membuat para kaum muda terjebak pada kesibukan yang semakin memisahkan mereka dengan dunia nyata.

Dalam paparannya, Romo Deni mengajak agar para Guru Agama Katolik mampu menyajikan pembelajaran Agama Katolik dengan kemasan yang menarik, dapat masuk ke hati siswa, dan dapat secara nyata dialami. Guru harus bisa mengolah materi agar bisa membuat pembelajaran iman yang melibatkan seluruh aspek indera manusia. Melalui menghidupkan cerita Kitab Suci, cerita rakyat, dan cerita kehidupan agar bisa dialami dan dipahami oleh peserta didik.

Pada acara yang mengambil tema "Katekis Sebagai Inspirator dan Fasilitator Iman Kaum Muda" ini, Stepanus Sugiono, S.Ag membagikan berbagai seluk-beluk tentang Kurikulum PAK 2013 yang merupakan oleh-oleh dari pembinaan di Yogyakarta, ditambahi dengan tanya jawab dan sharing dari teman-teman yang juga memperoleh dari Bimas Katolik Provinsi Jawa Timur.

Dalam acara pertemuan yang diadakan di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malang ini, diwakili oleh Drs. Jeremias Torimtubun ketua FGAK Malang Raya, juga memberikan informasi seputar lembar aktivitas siswa yang diberi nama "BAGUS" (=Buku Aktivitas Guru dan Siswa) dan buku Pendidikan Agama Katolik yang telah disusun oleh guru-guru bersama Komisi Pendidikan Keuskupan Malang.

Semoga semangat pelayanan dan profesionalitas guru agama Katolik semakin meningkat.

(RM/bimaskatolijatim.com)

 

  
  
Kabar Daerah
 
Cari Berita

Agenda Kegiatan

-----------------------------

Pertemuan Pembinaan Guru Agama Katolik Sekolah Dasar
28-4-2017

Tulisan Populer

Work Shop Penyusunan Silabus dan RPP Berkarakter PAK SD 
Read: 65.921

MATERI MINGGU GEMBIRA MASA BIASA 
Read: 49.252

ADAKAH KEHIDUPAN SETELAH KEMATIAN ? 
Read: 45.367

Makna Ibadah dalam perspektif agama katolik 
Read: 42.533

CERITA REFLEKSIF 
Read: 40.834

Arsip



Copyright (C) 2010-2017  
  Email: admin@bimaskatolikjatim.com
Jl. Raya Juanda II Surabaya

Tampilan terbaik gunakan mozilla firefox terbaru