Bimas Katolik Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur

Selamat Datang di Website Bimas Katolik Provinsi Jawa Timur
Malang-Batu-Pasuruan  Pertemuan Forum Komunikasi Guru Agama Katolik Malang Raya
Editor: midur Update: 22-02-2013

Pertemuan Forum Guru Agama Katolik Malang RayaPada Rabu, 20 Februari 2013 di Gedung Unio Jalan Jagung Suprapto 75 Malang, Pengurus dan Anggota Forum Komunikasi Guru Agama Katolik Malang Raya mengadakan pertemuan dan pembinaan. Pertemuan tersebut hasil dari Rapat Pengurus yang diadakan pada Sabtu, 9 Februari 2013 di SMPK Mardiwiyata Jalan Semeru. Kali ini FGAK mengemas pertemuannya dalam bentuk Seminar Sehari dan Pembinaan, dengan tema : Harapan dan Tantangan Guru Agama Katolik Menyikapi Tahun Iman.

Acara tersebut selain tujuan utamanya untuk menggerakkan para guru agama Katolik untuk terlibat aktif dan ambil bagian dalam menyukseskan Tahun Iman 2013 yang dicanangkan oleh Kepausan, juga untuk menggiatkan kembali FGAK Malang Raya yang telah lama tidak mengadakan kegiatan. Seperti dikatakan oleh Drs. I.J. Wartohadi, M.Th selaku Penyelenggara Bimas Katolik Kabupaten Malang dalam sambutannya, mengajak agar para guru agama Katolik disegarkan kembali semangatnya dalam hidup menggereja dan dalam melaksanakan tugas utamanya sebagai guru di sekolah masing-masing.

Pengurus FGAK yang juga difasilitasi oleh Bimas Katolik Kabupaten Malang, berhasil menghadirkan dua pembicara yakni Romo Michael  Hartomo, O.Carm, M.Pd, dan Rm. DR. Deni Firmanto, PR.

Pendidikan mempunyai peran penting dalam menciptakan peradaban, dalam hal ini PendidikanRomo Michael Hartomo, O.Carm, M.Pd Agama Katolik juga harus bisa mewujudkan hakekatnya yakni menciptakan peradaban Katolik di Malang. Romo Michael Hartomo, O.Carm, M.Pd, yang juga sebagai Ketua Komisi Pendidikan Keuskupan Malang, menguraikan sejarah misi pendidikan di Keuskupan Malang. Dalam kesempatan ini pula Romo Michael kembali menegaskan mengenai pentingnya materi Pendidikan Agama yang disesuaikan dengan Visi dan Misi keuskupan Malang. Dan untuk mewujudkan hal tersebut Keuskupan Malang bekerja sama dengan Bimas Katolik Jawa Timur dan FGAK telah berhasil menerbitkan buku materi Pendidikan Agama Katolik yang disesuaikan dengan keadaan setempat. Maka menjadi tanggung jawab para guru dan juga Sekolah untuk bisa memanfaatkan buku tersebut.

Romo Deni, panggilan akrab Romo DR. Deni Firmanto, PR. membuka penyajiannya dengan mengungkapkan latar belakan mengenai dicetuskannya Tahun Iman oleh Paus Benedictus XVI. Setelah dibawa pada berbagai refleksi dan apa saja yang harus dilakukan dalam Tahun Iman, Romo Deni membuka sesi tanya jawab yang disambut dengan sangat antusias oleh peserta.

Pertemuan tersebut bisa menghadirkan 75% dari undangan yang dikirim, yakni sekitar 80 orang guru. Yang menjadi sedikit keprihatinan dari Penyelenggara Bimas Katolik Kab. Malang adalah, justeru dari anggota yang berada di Kota Malang lebih banyak yang tidak bisa menghadiri acara tersebut. Pemilihan pengurus FGAK periode 2013-2016 berhasil menjaring 6 anggota dengan perolehan suara terbanyak untuk dijadikan pengurus selanjutnya. Serah terima kepengurusan dari Bpk. Drs. I.J. Wartohadi dilaksanakan secara simbolisasi kepada Bpk. Drs. Jeremias Torimtubun yang terpilih menjadi ketua Forum Komunikasi Guru Agama Katolik Malang Raya. (RM)

 

  
  
Kabar Daerah
 
Cari Berita

Agenda Kegiatan

-----------------------------

Pertemuan Pembinaan Guru Agama Katolik Sekolah Dasar
28-4-2017

Tulisan Populer

Work Shop Penyusunan Silabus dan RPP Berkarakter PAK SD 
Read: 65.921

MATERI MINGGU GEMBIRA MASA BIASA 
Read: 49.252

ADAKAH KEHIDUPAN SETELAH KEMATIAN ? 
Read: 45.367

Makna Ibadah dalam perspektif agama katolik 
Read: 42.530

CERITA REFLEKSIF 
Read: 40.834

Arsip



Copyright (C) 2010-2017  
  Email: admin@bimaskatolikjatim.com
Jl. Raya Juanda II Surabaya

Tampilan terbaik gunakan mozilla firefox terbaru