Bimas Katolik Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur

Selamat Datang di Website Bimas Katolik Provinsi Jawa Timur
Blitar-Tulungagung  PEMBINAAN TOKOH UMAT KATOLIK KUASI PAROKI RESAPOMBO KABUPATEN BLITAR DAN REKOLEKSI SISWA-SISWI SMPK WLINGI KABUPATEN BLITAR
Editor: Garakatolik Update: 22-11-2011

 

Menurut Kitab Hukum Kanonik : Kan. 516 § 1Kecuali ditentukan lain oleh hukum, kuasi-paroki disamakan dengan paroki; kuasi-paroki ialah komunitas kaum beriman kristiani tertentu dalam Gereja partikular yang dipercayakan kepada seorang imam sebagai gembalanya sendiri, dan yang karena keadaan  khusus belum didirikan sebagai paroki.
Kan. 516 § 2
Dimana komunitas-komunitas tertentu tidak dapat didirikan sebagai paroki atau kuasi-paroki, hendaknya Uskup diosesan mengusahakan reksa pastoralnya dengan cara lain.

Pada tanggal 4 Oktober 2011 di Kevikepan Blitar Keuskupan Surabaya, Mgr. Sutikno Wisaksono (Uskup Surabaya) telah meresmikan Stasi Resapombo menjadi Kuasi Paroki.

Pada tanggal 18 dan 19 Nopember 2011 di stasi Purworejo telah dilaksanakan pembinaan tokoh umat katolik Kuasi Paroki Resabombo. Pembinaan dihadiri 180 tokoh umat dari 6 Stasi yang ada di sekitar Resapombo. Berkenan hadir dalam kegiatan tersebut Bapak Drs. Robertus Angkowo MM (Pembimas Katolik) beserta stafnya, T. Endro Sujadmiko S.Ag (Penyelenggara Bimas Kab. Blitar) Rm. RD. M. Suwarno, Rm. RD. Rico, Rm. Sumantri SJ (Pastor Paroki Wlingi) Pembimas Katolik dalam materinya menyampaikan tema “Pewartaan Iman Jaman Sekarang”. Dalam bagian dari materinya , Pembimas Katolik memberikan penyadaran tentang  :  

1.     Kuasa mengajar dalam Gereja yang dimiliki oleh para Hierarki 

2.    Hierarki bertugas menjaga kesatuan iman dan ajaran  tidak dengan indoktrinasi tetapi dengan konsultasi

3.    Wewenang mengajar tidak berarti hanya hierarki yang aktif dan umat pasif, tetapi umat harus terlibat.

Pembimas juga menyadarkan tokoh umat akan pentingnya tugas dan tanggung jawab pewarta Katolik  dengan cara :

  • Melawan arus-arus jaman dengan menanamkan nilai-nilai Kerajaan Allah pada diri umat.
  • Peka dan tanggap atas perubahan jaman.
  • Berpihak pada yang miskin
  • Memiliki obsesi menciptakan generasi baru yang kuat dalam iman dan perbuatan (membangun habitus baru)
  • Membangun jejaring kerja

Sikap Pewarta yang seharusnya :

  1. Ing ngarso sun tulada, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani.
  2. Berjiwa reformis
  3. Terbuka
  4. Fiat Foluntas Tua(Jadilah padaku menurut perkataanmu)

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Rm. Richo tentang Tujuh unsur hidup berparoki. Dia mengajak seluruh peserta untuk bekerjasama, hidup, rukun, bertanggungjawab dsb.

            Pada hari dan tanggal yang sama dilaksanakan juga rekoleksi siwa-siwi SMPK. Wlingi yang berjumlah 290 siswa. Para rombongan Pembimas menyempatkan diri menghadiri kegiatan tersebut. Kegiatan Rekoleksi siswa-siswi bertempat di halaman Gereja Katolik St. Fransiskus Kuasi Paroki Resapombo. Pada hari pertama didampingi oleh RD. Iswandir. Kegiatan rekoleksi hari kedua diisi dengan kerja bakti serta penanaman pohon oleh siswa di areal tanah milik Gereja. Pada hari kedua rekoleksi diadakan out bont sebagai akhir kegiatan rekoleksi para siswa.

            Dua kegiatan tersebut merupakan sebagian tugas dari Bimas Katolik (Bidang Urusan dan Pendidikan) dengan mitra kerja yaitu Gereja Katolik Paroki dan Lembaga/Sekolah Katolik. Dengan demikian harapan dari Dirjen Bimas Katolik Kantor Kementerian Agama RI  : “Agar Bimas Katolik membangun jejaring dengan mitra kerja dapat diwujudkan”. Pada tanggal 26 Oktober 2011 juga telah dilaksanakan pembinaan siswa-siswi SMPK Mojorejo Kecamatan Wates bertempat di Puhsarang Kediri.

Beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan Bimas Katolik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blitar dengan mitra kerja, harapan kedepan Bimas Katolik dapat lebih jaya sebagai pelayan umat Katolik di Kabupaten Blitar. Dengan demikian kerjasama yang berjalan baik selama ini benar-benar dapat ditingkatkan. (Endro)















 

  
  
  
Related Links
Kabar Daerah
 
Cari Berita

Agenda Kegiatan

-----------------------------

Pertemuan Pembinaan Guru Agama Katolik Sekolah Dasar
28-4-2017

Tulisan Populer

Work Shop Penyusunan Silabus dan RPP Berkarakter PAK SD 
Read: 65.921

MATERI MINGGU GEMBIRA MASA BIASA 
Read: 49.251

ADAKAH KEHIDUPAN SETELAH KEMATIAN ? 
Read: 45.366

Makna Ibadah dalam perspektif agama katolik 
Read: 42.530

CERITA REFLEKSIF 
Read: 40.834

Arsip



Copyright (C) 2010-2017  
  Email: admin@bimaskatolikjatim.com
Jl. Raya Juanda II Surabaya

Tampilan terbaik gunakan mozilla firefox terbaru