Bimas Katolik Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur

Selamat Datang di Website Bimas Katolik Provinsi Jawa Timur
Penyegar Rohani  MENJADI PEMIMPIN YANG LUAR BIASA
Editor: memet Update: 20-05-2011

Kepemimpinan merupakan kemampuan yang dipunyai seseorang untuk mempengaruhi orang-orang lain agar bekerja mencapai tujuan dan sasaran. Kepemimpinan secara umum adalah kemampuan untuk memberi pengaruh pada orang lain, sehingga mereka melakukan apa yang menjadi keinginan sang pemimpin. Singkatnya kepemimpinan adalah pengaruh.

Chris Widener dalam bukunya berjudul : “character Traits of Extraordinary Leaders” menurai ciri-ciri pemimpin yang luar biasa. Apakah saat ini anda jadi seorang pemimpin, calon pemimpin atau sebagai bawahan? Apapun kedudukan kita saat ini kita pasti ingin tahu bagimana menjadi seorang pemimpin yang berkarakter.

1.     INTEGRITAS

Adalah melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang dikatakan dan dilakukan. Integritas membuat seorang pemimpin dipercaya. Integritas membuat orang orang lain mengandalkan anda sebagai pemimpin. Integritas adalah penepatan janji-janji. Satu hal yang membuat sebagian besar orang enggan mengikui anda adalah : bila mereka tak sepenuhnya merasa yakin bahwa anda akan membawa mereka menuju ke tujuan yang dijanjikan. Apakah anda dikenal sebagai seorang yang memiliki integitas? Bila ya, maka anda layak menjadi pemimpin yang luar biasa.

2.     OPTIMISME

Tidak akan orang yang mau mengikuti anda, bila anda memandang suram masa depan. Mereka hanya mau mengikuti seseorang yang bisa melihat masa depan dan memberitahukan pada mereka bahwa di depan sana terbentang tempat yang lebih baik dan mereka dapat mencapai tempat itu. Apakah anda melihat gelas itu separuh kosong? Bila ya, anda seorang pesimis. Apakah anda melihat gelas itu separuh berisi? Bila ya, anda seorang optimis. Apakah anda melihatnya sebagai segelas penuh; yaitu separuh berisi air dan separuh lagi berisi udara? Maka anda adalah seorang yang super optimis. Apakah anda dikenal sebagai seorang yang optimis? Bila ya, anda layak menjadi seorang pemimpin yang luar biasa.

3.     MENYUKAI PERUBAHAN

Pemimpin adalah mereka yang meilhat adanya kebutuhan akan perubahan, bahkan mereka bersedia untuk memicu perubahan itu. Sedangkan pengikut lebih suka untuk tinggal di tempat mereka sendiri. Pemimpin melihat adanya kebaikan di balik perubahan dan mengkomunikasikannya pada para pengikutnya. Jika anda tidak berubah, anda tidak akan tumbuh. Apakah anda dikenal sebagai seorang yang meicu perubahan? Jika ya, anda layak menjadi seorang pemimpin yang luar biasa.

 

4.     BERANI MENGHADAPI RISIKO

Kapanpun kita mencoba sesuatu yang baru, kita pasti mengambil risiko. Keberanian untuk mengambil risiko adalah bagian dari pertumbuhanyang teramat penting. Kebanyakan orang akan menghindari risiko. Karena itu, mereka bukan pemimpin. Para pemimpin menghitung risiko dan keuntungan yang ada dibalik risiko. Mareka mengkomunikasikannya pada pengikut mereka dan melangkah pada hari esok yang lebih baik. Apakah anda dikenal sebagai seorang yang berani mengambil risiko? Jika ya, anda layak menjadi seorang pemimpin yang luar biasa.

5.     U L E T

Kecenderungan dari pengikut adalah mereka mengikut saat sesuatunya menjadi sulit. Ketika mereka mencoba untuk yang kedua atau ketiga kalinya dan gagal, mereka lalu mencanangkan motto, “Jika anda gagal di langkah pertama, sudahlah menyerahlah dan lakukan sesuatu yang lain.” Jelas saja mereka melakukan itu, karena mereka bukan pemimpin. Para pemimpin itu tahu apa yang ada di balik tembok batu, dan selalu akan berusaha menggapainya. Lalu mereka mengajak orang lain untuk terus berusaha. Apakah anda dikenal sebagai seorang yang ulet? Jika ya, anda layak menjadi seorang pemimpin yang luar biasa.

6.     KATALISTIS

Seorang pemimpin adalah seorang yang secara luar biasa mampu menggerakkan orang lain untuk melangkah. Mereka bisa mengajak orang lain keluar dari zona kenyamanan dan bergerak menuju tujuan mereka. Mereka mampu membangkitkan gairah, antusiasme, dan tindakan dari para pengikut. Apakah anda dikenal sebagai seorang yang mampu menggerakkan orang lain? Jika ya, anda layak menjadi pemimpin yang luar biasa.

7.     KOMIT DAN BERDEDIKASI

Para pengikut menginginkan seseorang yang lebih mencurahkan perhatian dan komit ketimbang diri mereka sendiri. Pengikut akan mengikuti pemimpin yang senantiasa bekerja dan berdedikasi, karena mereka melihat betapa pentingnya pencapaian tugas-tugas dan tujuan. Apakah anda dikenal sebagai seseorang yang komit dan senantiasa mencurahkan perhatian anda pada tujuan? Jika ya, anda layak menjadi pemimpin yang luar biasa.

Gaya kepemimpinan itu akan menentukan aktivitas para pengikutnya dan apabila gaya kepemimpinan tersebut berhasil diterapkan dengan baik maka merupakan motivator bagi orang lain untuk dapat bekerja lebih baik sehingga dapat menimbulkan semangat dan kegairahan kerja dimana akhirnya produktivitas kerja diharapkan meningkat.

Jadi, seorang pemimpin dalam memotivasi dan mengarahkan karyawan hendaknya memiliki ciri khas atau gaya kepemimpinan tertentu, karena gaya kepemimpinan mencerminkan tindakan seorang pemimpin dalam memotivasi, mengarahkan dan mempengaruhi par apengikutnya. Oleh karena itu, pemimpin harus dapat menggunakan gaya kepemimpinan yang tepat sehingga secara langsung dapat menumbuhkan motivasi kerja dalam meningkatkan produktivitas.

Semoga anda mampu menjadi pemimpin yang luar biasa dan bekarakter..!!!!!

 

  
  
Kabar Daerah
 
Cari Berita

Agenda Kegiatan

-----------------------------

Pertemuan Pembinaan Guru Agama Katolik Sekolah Dasar
28-4-2017

Tulisan Populer

Work Shop Penyusunan Silabus dan RPP Berkarakter PAK SD 
Read: 65.921

MATERI MINGGU GEMBIRA MASA BIASA 
Read: 49.252

ADAKAH KEHIDUPAN SETELAH KEMATIAN ? 
Read: 45.368

Makna Ibadah dalam perspektif agama katolik 
Read: 42.533

CERITA REFLEKSIF 
Read: 40.834

Arsip



Copyright (C) 2010-2017  
  Email: admin@bimaskatolikjatim.com
Jl. Raya Juanda II Surabaya

Tampilan terbaik gunakan mozilla firefox terbaru